Awal Waktu Shalat Ashar dan Akhir Waktu Ashar

ofasholatan - Seperti halnya sholat fardhu dzuhur, shalat ashar juga merupakan salah satu sholat fardhu yang terdiri dari 4 raka'at, dimana disetiap raka'at memelankan bacaannya serta terdapat duduk tasyahud (tahiyat) dua kali (tasyahud awal dan tasyahud akhir).

Adapun untuk awal waktu masuknya shalat ashar menurut pendapat jumhur ulama yaitu jika bayangan sesuatu telah sama panjangnya (berakhirnya waktu dzuhur). Untuk madzab Imam Hanafi, waktu Ahsar dimulai jika panjang bayang-bayang benda dua kali melebihi panjang benda itu sendiri. Sedangkan untuk akhir waktu shalat ashar yaitu terbenamnya matahari.

Rasulullah SAW bersabda;
مَنْ أَدْرَكَ رَكْعَةً مِنْ الْعَصْرِ قَبْلَ أَنْ تَغْرُبَ الشَّمْسُ فَقَدْ أَدْرَكَ الْعَصْرَ
Artinya :Barangsiapa mendapatkan satu raka'at shalat Ashar sebelum matahari terbenam, maka sungguh ia telah mendapatkan shalat Ashar. (HR. Bukhari & Muslim)

Meskipun waktu shalat Ashar lumayan cukup lama kurang lebih 2-3 jam, namun kita disunnahkan untuk melaksanakan shalat fardhu Ashar di awal waktu. Anjuran untuk menyegerakan sholat Ashar lebih ditekankan lagi ketika cuaca mendung atau berawan: karena saat ini mengandung kesamaran waktu (percampuran waktu maghrib dan ashar).

Ilustrasi: Waktu Shalat Ashar

Jika shalat Ashar ditunda, dikhawatirkan akan habis waktu Ashar sementara shalat Ashar belum dilaksanakan. Jika demikian, maka sia-sialah amal kita. Rasulullah SAW bersabda;

مَنْ تَرَكَ صَلاَةَ الْعَصْرِ فَقَدْ حَبِطَ عَمَلُهُ
Artinya :
Barangsiapa meninggalkan shalat Ashar maka sungguh amalnya telah hilang. (HR. Bukhari, An-Nasaa'i & Ahmad)

Perlu diketahui, bahwasanya kata "Ashar" merupakan sebutan untuk makna waktu sore sampai matahari memerah, yaitu akhir waktu siang. Dan shalat Ashar itu wajib dilaksanakan ketika masuk waktu Ashar. Sholat ini juga disebut dengan Shalat Wustha.

Pendapat yang benar bahwa shalat wustha adalah shalat Ashar sebagaimana sabda Rasulullah SAW di tengah kesibukan Beliau pada perang Ahzab.
سَغَلُونَا عَنْ الصَّلاَةِ الْوُسْطَى صَلاَةْ الْعَصْرِ
Artinya :
Mereka (orang Quraisy) telah menyibukkan kami dari mengerjakan shalat wushta, yaitu shalat Ashar. (HR. Bukhari dan Muslim)

Itulah awal dan akhir waktu shalat Ashar yang harus kita pahami. Semoga dengan mengetahui waktu shalat Ashar kita tidak lagi terlewatkan untuk menunaikan ibadah shalat Ashar karena jika terlewatkan maka akan hilang amalan kita.