Niat Shalat Tarawih 8 Raka'at dan 20 Raka'at (11 dan 23 Raka'at)

ofasholatan - Bagi teman-teman yang kebetulan belum hafal bacaan niat sholat tarawih, silakan bisa dipelajari disini. Karena pada halaman ini kami akan berbagi lafadz niat shalat taraweh, baik itu niat tarawih sebagai imam, sebagai makmum maupun niat tarawih sendirian.

Perlu diketahui, shalat tarawih adalah Shalat Sunah yang dikerjakan pada malam-malam ramadhan setelah shalat isya, dan lebih utama dikerjakan secara berjamaah.

Adapun jumlah rokaat shalat tarawih ada yang mengerjakannya 11 raka'at (tarawih 8 rakaat + witir 3 raka'at) dan ada juga yang mengerjakan shaolat tarawih 23 raka'at (Tarawih 20 raka'at + witir 3 raka'at) karena seperti yang kita ketahui, setelah selesai sholat tarawih kemudian dilanjutkan dengan sholat witir.

Note:
Mengenai perbedaan jumlah roka'at sholat taraweh, Insya Allah pada artikel berikutnya akan kami bahas secara lebih detail.

Ilustrasi: Sholat Tarawih Berjama'ah
Meskipun jumlah raka'at shalat tarawih berbeda, yakni ada yang 11 raka'at dan ada yang 23 raka'at (termasuk witir) namun pelaksanaannya sama, yaitu setiap 2 raka'at diakhiri dengan salam, sehingga niat shalat tarawih pun sama yaitu niat shalat sunnah 2 raka'at. Hanya saja yang membedakan apakah sholat tarawihnya sebagai imam, sebagai makmum atau sholat tarawihnya sendirian.

Berikut adalah lafadz bacaan niat sholat tarawih selengkapnya:

Niat Sholat Tarawih sebagai Imam

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ إِمَامًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI IMAAMAN LILLAAHI TA'ALAA
Artinya :
Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Allah Ta'ala

[ Kembali ke Daftar Isi ]


Niat Sholat Tarawih sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI MA'MUUMAN LILLAAHI TA'ALAA
Artinya :
Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Allah Ta'ala

[ Kembali ke Daftar Isi ]


Niat Sholat Tarawih Sendirian

اُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيْحِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA
Artinya :
Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat karena Allah Ta'ala

[ Kembali ke Daftar Isi ]

Teman-teman, itulah lafadz bacaan niat shalat tarawih 2 raka'at (salam) yang harus dihafal dan kita amalkan di malam ramadhan ini. Usahakan selagi sempat, marilah kita tunaikan sholat tarawih secara berjama'ah karena lebih afdhol dan pahalanya lebih banyak dibandingkan shalat sendirian.

Teman-teman tidak perlu pusing dan bingung mana yang tepat dan benar antara sholat tarawih 11 roka'at atau 23 roka'at (termasuk witir), karena semuanya benar, yang tidak tepat yaitu tidak menjalankan ibadah shalat tarawih di bulan puasa (ini menurut penulis ya). So, ikuti saja apa kata ulama, kiyai dan/atau ustad setempat karena beliau pasti punya dasarnya. Lebih baik lagi tanyakan secara langsung ke beliau.

Kalo penulis sendiri menjalankan ibadah sholat tarawih yang 23 raka'at (termasuk witir). Dimana dalam pelaksanaan sholat tarawih juga ada seorang bilal tarawih yang bertugas membaca bilal sholat tarawih. Semoga bermanfaat, selamat menjalankan ibadah puasa 2018 / 1439 H.

Referensi: Blog Khusus Doa