Doa Anak Shaleh-Sholehah untuk Kedua Orang Tuanya

ofasholatan - Setiap manusia tentu mendambakan seorang anak yang sholeh dan sholehah, baik itu orang tua maupun si anak itu sendiri. Pasalnya, ketika manusia meninggal dunia maka terputuslah amalannya kecuali 3 perkara. Dari Abu Hurairah R.A, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Artinya :
“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim)

Salah satu dari ketiga perkara itu adalah anak yang sholeh dan/atau sholehah. Lantas, apakah anak yang sholeh adalah anak yang hanya sekedar mendoakan orang tuanya? baik saat kedua orang tuanya masih hidup maupun sudah meninggal dunia?. Tentu tidak.

Ilustrasi: Anak Sholeh Berdoa
Anak yang shaleh/sholehah merupakan buah hasil dari kerja keras didikan orang tuanya. Oleh karena itu, Islam amat mendorong seseorang untuk memperhatikan pendidikan anak-anak mereka dalam hal agama, sehingga nantinya anak tersebut tumbuh menjadi anak sholeh dan/atau sholehah. Lalu anak tersebut menjadi sebab, yaitu ortunya masih mendapatkan pahala meskipun ortunya sudah meninggal dunia, lantaran anak-anaknya selalu berdoa minta ampunan kepada Allah SWT untuk kedua orang tuanya.

Adapun salah satu bacaan doa anak yang sholeh/sholehah yang sering kita panjatkan adalah sebagai berikut:
اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا
ALLAAHUMMAGHFIRLII DZUNUUBII WALIWAALIDAYYA WARHAMHUMAA KAMAA ROBBAYAANII SHOGHIIRON.
Artinya :
"Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya itu sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil"

Doa anak sholeh/sholehah diatas sangat jelas bahwa seorang anak memohon ampunan atas dosa-dosa dirinya dan dosa-dosa kedua orang tuanya, serta memohon kepada Allah SWT agar kedua orang tuanya dikasihi atau disayangi oleh Allah SWT, sebagaimana kedua orang tua kita menyayangi anak-anaknya waktu masih kecil.

Bagi sahabat ofasholatan yang lebih suka belajar dengan cara mendengarkan, silakan bisa saksikan video berikut ini tentang bacaan doa anak sholeh dan sholehah.



Sahabat ofasholatan, marilah kita selalu memanjatkan doa tersebut diatas untuk memohon ampunan kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang kita lakukan dan dosa-dosa atas kedua orang tua kita. Semoga Allah SWT mengabulkan doa kita semua. Amin.

Sebagaimana kami sampaikan diatas, bahwa anak yang sholeh tidak melulu mereka yang bisa mendoakan kedua orang tuanya saja. Namun anak-anak yang sholeh/sholehah adalah mereka selalu cinta Allah, cinta Rasul-rasul Allah dan para sahabatnya, Cinta Al-Qur'an kitab Allah, mengerjakan sholeh 5 waktu, berbakti kepada kedua orang tua, menyayangi saudara-saudaranya, menyayangi kepada fakir miskin, anak-anak yatim, itulah beberapa ciri-ciri anak yang sholeh. Insya Allah pada kesempatan berikutnya kami akan mengupas tentang ciri-ciri anak yang sholeh dan sholehah.

Sebagai penutup pada artikel ini, marilah kita didik anak-anak kita agar menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah dengan memberikan pendidikan agama yang terbaik, dan bagi sahabat ofasholatan yang belum berkeluarga, marilah doakan kedua orang tua kita dengan sebaik-baiknya doa. Amin.