Doa Sapu Jagad - Doa Selamat Dunia Akhirat

ofasholatan - Dalam setiap doa, khususnya di penghujung doa kita sering mengucapkan doa sapu jagat. Doa sapu jagad juga sering disebut dengan doa selamat dunia dan akhirat, yaitu memohon keselamatan di dunia dan di akhirat. Meskipun lafadz doanya cukup pendek, tetapi makna dari doa ini menurut para ulama mencakup seluruh permintaan manusia, baik urusan dunia maupun urusan akhirat. Selain itu, doa untuk memohon keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat (doa sapu jagad) merupakan salah satu doa yang sering dipanjatkan oleh baginda Rasulullah SAW.

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwasanya Rasulullah SAW sangat menyukai doa-doa yang singkat namun penuh makna, seperti halnya doa sapu jagad. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْتَحِبُّ الْجَوَامِعَ مِنْ الدُّعَاءِ وَيَدَعُ مَا سِوَى ذَلِكَ
Artinya : “Rasulullah SAW menyukai doa-doa yang singkat padat, dan meninggalkan selain itu.” (HR. Abu Daud no. 1482, dikatakan shahih oleh Syaikh Al Albani)

Dalam riwayat lain dijelaskan. Dari Anas bin Malik, beliau mengatakan :
كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم – : (( اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً ، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً ، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ )) متفقٌ عَلَيْهِ
Artinya :
“Doa yang lebih sering diucapkan Rasulullah shallAllahu wa’alaihi wa sallam adalah Allahumma aatina fid dunyaa hasanah, wa fil akhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaban naar (Ya Allah, berikanlah kepada Kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah Kami dari adzab Neraka).” (HR. Bukhari no. 4522 dan Muslim no. 2690)
Dan ternyata, Allah SWT mengabadikan doa ini dalam Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 201, dan inilah doa sebaik-baiknya orang muslim.
Ilustrasi berdoa. Doa Sapu Jagad

Adapun untuk lafadz doa sapu jagat dalam bahasa arab, tulisan latin dan terjemahannya adalah sebagai berikut :
رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
ROBBANAA AATINAA FIDDUN YAA HASANAH, WA FIL AAKHIROTI HASANAH, WAQINAA ‘ADZAA BAN NAAR.
Artinya :
Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka. (Q.S. Al-Baqarah : 201)
Catatan:
Bagi sahabat ofasholatan yang lebih suka menghafal doa-doa dengan cara mendengarkan, silakan sahabat bisa langsung mendengarkan bacaannya lewat video dibawah ini:



Selain doa tersebut diatas, masih banyak lagi doa-doa untuk memohon keselamatan baik dunia maupun akhirat yang patut kita panjatkan setiap hari. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِى الدّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ
ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKAL 'AFWA WAL 'AAFIYATA FIDDIINI WAD DUN-YA WAL AAKHIROTI
Artinya :
" Ya Allah, kami mohon ampunan kepadaMu dan limpahkanlah kesejahteraan agama dunia dan akhirat"
اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ
ALLOOHUMMA INNAA NAS-ALUKA SALAAMATAN FID DIINI WA 'AAFIYATAN FIL JASADI WA ZIYAADATAN FIL 'ILMI WA BAROKATAN FIR RIZQI WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI WA ROHMATAN 'INDAL MAUTI WA MAGHFIROTAN BA'DAL MAUTI
Artinya :
"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati".
اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ
ALLOOHUMMA HAWWIN 'ALAINAA FII SAKARAATIL MAUTI WANNAJAATA MINAN NAARI WAL 'AFWA 'INDAL HISAABI
Artinya :
"Ya Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa, selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan".
رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ
RABBANAA LAA TUZIGH QULUUBANAA BA'DA IDZ HADAITANAA WAHAB LANAA MIL LADUNKA RAHMA, INNAKA ANTAL WAHHAAB
Artinya :
"Ya Allah, janganlah Kau goyahkan hati kami setelah Kau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi".

Itulah bacaan doa sapu jagat dan beberapa bacaan doa mohon keselamatan, baik keselamatan di dunia maupun di akhirat yang patut kita amalkan setiap saat setiap waktu.

Selain berdoa, untuk mendapatkan kebahagiaan dunia-akhirat, Rasulullah SAW memberikan banyak sekali wasiat kepada umatnya agar hidup selamat dan bahagia dunia dan akhirat.

Seperti dilansir dari laman republika, salah satu hadits Rasulullah SAW menyebutkan tiga wasiat agar hidup selamat dunia akhirat, antara lain:
  • Bertakwalah kepada Allah di mana pun kamu berada, kapan pun dan dalam keadaan bagaimanapun
  • Ikutilah perbuatan burukmu dengan perbuatan baik, agar perbuatan burukmu di masa lalu akan dihapus.
    Setiap kita pasti pernah melakukan perbuatan buruk. Bahkan perbuatan buruk kita lebih banyak daripada perbuatan baik. Untuk itu, Rasulullah mengajarkan kepada kita, ikutilah perbuatan buruk tersebut dengan melakukan berbagai perbuatan baik.
  • Berinteraksilah dengan orang lain dengan akhlak yang mulia. Karena akhlak yang mulia adalah mata uang yang berlaku di mana-mana

Kalau ketiga wasiat Rasulullah SAW ini kita laksanakan serta selalu berdoa dengan doa sapu jagad dan/atau doa-doa mohon keselamatan lainnya, insya Allah hidup kita selamat di dunia dan selamat di akhirat. Amin Ya Allah. Ya Robbal 'Aalamin. Amin

Demikian yang dapat kami share pada kesempatan yang baik ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa untuk share artikel ini sebanyak-banyak ke sahabat dan family kita. Semoga menjadi amal ibadah kita semua. Amin.